5 Hal Penting Memilih Aki Motor Yang Baik Dan Berkualitas



Bisa dibilang perempuan di era modernisasi saat ini harus multitasking salah satunya kemampuan dalam mengendarai kendaraan bermotor seperti sepeda motor jadi kita bisa bepergian kemana saja baik itu dengan jarak yang dekat maupun jauh menggunakan sepeda motor tanpa harus menunggu diboncengi orang lain yang belum tentu ada waktu mengantarkan kamu ke tempat tujuan. 

Nyatanya salah satu kekurangan aku saat ini yaitu belum bisanya mengendarai kendaraan bermotor seperti sepeda motor, padahal perempuan di era modern penting banget bisa mengendarai sepeda motor selain lebih mandiri tanpa harus merepotkan ayahnya, kakak, adik, suami, atau anggota keluarga lainnya untuk diantar ke mana-mana. Walaupun saat ini sudah terbantu dengan banyaknya jasa ojek online, tapi dengan kita naik motor sendiri dijamin merasa lebih nyaman dan pastinya lebih hemat kantong karena semua kegiatan ini bisa kamu lakukan sendiri dengan mengendarai motor.

Mirisnya di lapangan kadang masih ditemui yang hanya mengandalkan bisa mengendarai motor saja tanpa mengerti peraturan lalu lintas, contoh sederhana saja saat motor akan berbelok kanan seharusnya kasih lampu sen kanan tapi malah kasih sen kiri, hal seperti ini yang akan menyebabkan kecelakaan lalu lintas bagi kendaraan bermotor yang berada di belakang atau depannya. Menurut aku hal sederhana ini harus menjadi perhatian penting bagi siapapun baik kaum perempuan maupun laki-laki yang ingin mengendarai kendaraan bermotor, dengan memiliki kemampuan dasar tentang peraturan lalu lintas bagaimana berkendara yang baik dan aman. Jangan sampai hanya karena mengikuti ego ingin mengendarai motor tanpa mengerti tata tertib lalu lintas itu akhirnya berakibat fatal yang mencelakai diri sendiri dan orang lain. 

Tak hanya paham atau mengerti soal tata tertib berlalu lintas saat mengendarai kendaraan motor baik sepeda motor, mobil dan lain sebagainya. Sebagai pengendara sepeda motor sangat penting bagi kita agar mengetahui berbagai macam sparepart yang terpasang pada motor namun realitanya hanya beberapa parts saja yang diketahui nama dan fungsinya. Dan masih banyak orang yang belum mengetahui bahkan cenderung mengabaikannya. Sehingga tiba-tiba saja mengalami masalah dengan kendaraan kita tdapat solusi untuk mengatasinya tanpa harus panik. 

Jadi, sparepart sepeda motor merupakan kesatuan komponen dalam motor yang terdiri dari beberapa bagian. Semua komponen bersifat penting dan saling berhubungan, sehingga sparepart akan segera diganti ketika sudah dimakan usia pemakaian atau mengalami kerusakan. Berikut ini beberapa sparepart yang terdapat pada sepeda motor yang penting banget untuk kamu ketahui diantaranya yaitu : 





✅️ Aki motor : penyalur daya motor agar mesin dapat menyala


✅️ Baterai sepeda motor : pemasok daya saat menghidupkan mesin motor dan catu daya cadangan


✅️ Ban : titik tumpu sepeda motor dan membantu motor agar berjalan


✅️ Kampas dan tali rem : mengontrol kecepatan motor saat melaju dan menghentikannya


✅️ Rantai : membantu roda agar dapat berputar, penerus energi gerak dari mesin motor


✅️ Busi : pematik bahan bakar agar motor dapat berjalan


✅️ Tali gas : mengatur kinerja mesin motor


✅️ Karburator : mencampur bahan bakar dengan udara


✅️ Oli motor : pelumas mesin agar dapat bekerja dengan lebih ringan dan gesit


✅️ Lampu : memberi tanda kepada pengendara lain dan menerangi jalan yang akan dilewati


Aki Motor Dan Fungsinya : 




Aki motor, sparepart sepeda motor yang posisinya berada di atas karena memiliki peran penting dalam berjalannya sepeda motor. Keberadaan aki motor sebagai sumber kelistrikan karena tanpa aki motor walaupun bensin penuh makanya motorpun tidak dapat berjalan, dalam hal ini kita perlu sekali memperhatikan beberapa hal penting saat memilih aki motor yang baik dan berkualitas. Adapun 5 hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih aki motor yang baik dan berkualitas diantaranya yaitu : 

1. Sesuaikan dengan Kapasitas Motor   





Aki motor terdiri dari 3 jenis,  yaitu aki kering, aki basah, dan aki gel. Pilihlah aki yang sesuai dengan kapasitas dan tipe motor kamu. Contohnya : jenis motor sport memakai aki dengan kapasitas 10Ah, sedangkan jenis motor bebek cukup memakai aki berkapasitas 5 Ah.

2. Perhatikan CCA dan Ah pada aki motor




Perhatikan CCA dan Ah pada aki, dimana CCA adalah singkatan dari Cold Cranking Amperes, yaitu kemampuan aki motor untuk mengeluarkan daya awal yang besar. Daya itu kemudian digunakan untuk menyalakan mesin motor. Sementara itu, Ah yang ada di aki motor menunjukkan kapasitas penyimpanan energi listrik. Semakin tinggi Ah dan Cca-nya, maka kualitasnya pun semakin baik.   


3. Pilih Aki Motor Tepercaya 




Untuk mendapatkan aki motor yang baik dan berkualitas, pilihlah aki motor yang memiliki reputasi yang baik. Cara menceknya bisa melalui ulasan dari pembelian online maupun toko atau bengkel motor rekomendasi dari keluarga dan teman yang pernah membelinya.

4. Hindari Pembelian Aki Bekas 




Penggunaan sparepart motor untuk aki motor  tidak pernah disarankan membeli aki bekas sekalipun dengan harga yang sangat murah, karena kamu tidak tahu persis bagaimana kondisi awal aki motor yang dibeli bekas tersebut sehingga berisiko untuk keamanan dalam berkendara sehingga hindarilah pembelian aki bekas.

5. Beli Aki di Toko yang Tepercaya




Belilah aki di toko atau bengkel yang tepercaya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan aki orisinal yang berkualitas tinggi dengan aneka pilihan yang menarik. Bisa dibilang dari segi harga, pembelian aki di toko atau bengkel tepercaya memang cenderung lebih mahal, tentunya hal ini didukung oleh kualitas yang terjamin, beda halnya saat kamu membeli di toko non resmi yang menjual aki palsu yang tentunya akan membahayakan keselamatan bagi pengendara. Aki motor bisa kamu dapatkan di toko atau bengkel resmi, Planet Ban yang jual aki terdekat  di beberapa wilayah tersebar di daerah kamu yang memberikan jaminan kualitas terbaik bagi pengendara motor.

Kendaraan yang baik harus didukung dengan pemeliharaan atau perawatan secara rutin agar merasa nyaman dan aman saat berkendara, selain itu menggunakan sparepart motor yang orsinil dan tepercaya dari toko atau bengkel resmi dengan rekomendasi terbaik, berkendara secara tertib lalu lintas mengikuti peraturan yang ada dan membawa perlengkapan motor seperti STNK, SIM, helm, jaket dan lain sebagainya. Insya Allah sampai ke tempat tujuan dengan selamat sentosa. Selamat berkendara, semoga artikel ini bermanfaat !









Referensi artikel : 
https://www.nusantara-sakti.com/news_event/mengetahui_beberapa_sparepart_motor_dan_deskripsinya

Komentar

  1. Urusan aki motor memang perlu apik dalam perawatannya. Karena kan kalo paham dan secara berkala dirawat, maka membuat nyaman juga dalam perjalanan

    BalasHapus
  2. Penting banget memilih aki motor yang baik agar jangan sampe mengganggu perjalanan kita jadinya hal itu harus banget diperhatikan

    BalasHapus
  3. Terima kasih kak infonya, nah benar sekali, selain bisa mengendarai sepeda motor, kita juga mesti tahu hal mendasar dalam merawatnya. Terutama soal aki motor ini..

    BalasHapus
  4. Soal aki motor ini jangan dianggap remeh karena berpengaruh banget saat berkendara motor agar tetap aman dan nyaman.

    BalasHapus
  5. Setuju banget, kalo perempuan bukan hanya bsa kendarai sepeda motor aja tapi juga harus faham soal sparepartnya salah satunya aki motor mana yang baik & berkualitas utk dipake

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, dan silakan berkomentar yang baik dan mengesankan.
Mohon jangan mengirimkan link hidup karena otomatis saya hapus. 🙏🙏

Postingan populer dari blog ini

Solusi Mata Kering Tanpa Bikin Drama Atasi Dengan Insto Dry Eyes!

Green Pramuka City Bermasalah, Itu Dulu? Nyatanya Sekarang Hunian Idaman Yang Bikin Nyaman

Moment Penuh Berkah Di Perayaan 2 Tahun [Merajut Kebersamaan] Blogger Jakarta